"Enjoy Your Life Aja Dehh..." Part. 12


“Elegansi Diri? Aahh Entahlah.. Oke Lupakan Saja”

“Jika satu hal kebaikan bagi kemanusiaan masih kurang, tidakkah yang kurang itu –
Kemanusiaan itu sendiri?”
Oleh Aris Rasyid Setiadi 




Sebuah naskah biasa tanpa makna berguna, namun menjadi cerita suka duka..
Cerita sebelumnya part. 10: “1642 Hariku Terjarah? Aahh Entahlah.. Oke Lupakan Saja”
Cerita sebelumnya part. 11: “Pejuang Ketidakpastian? Aahh Entahlah.. Oke Lupakan Saja”
 
            Hari yang cukup indah, diakhiri dengan lukisan merah merona di kala senja yang kembali hadir. Begitu pula dengan satu tugas yang sudah kulaksanakan siang ini. Ya tugas mudah memang, namun senang saja aku rasa.
Di satu waktu, di suatu momen siang ini aku melihat segerombolan anak muda dalam forumnya dengan begitu menggebu-nggebu, semangat, bahkan sedikit tak terkendali dalam menyampaikan dan berbicara. Itu hal yang membuat orang sekitar menjadi sedikit terganggu, pernah merasakan?

Perlu dikurangi atau tetap diatur? Tergantung pribadi itu sendiri.

Pembelajaran hari ini adalah bagaimana kita mau dan mampu untuk diam, tenang, dan terkendali. Adakalanya masalah bisa diselesaikan dengan diam saja. Adakalanya pula masalah dapat diselesaikan dengan ketenangan. Diam dan tenang bukan berarti tanpa berusaha, tetapi diam dan tenang bisa diartikan sebagai bentuk pengendalian diri.
Kita akan lebih menghargai orang pendiam dan tenang daripada orang yang banyak omong dan mudah naik pitam. Diam, tenang, dan terkendali di sini berarti menungu saat yang tepat untuk kemudian bergerak teratur menuju arah dan penyelesaian masalah secara benar. Misalkan saat orang lain marah pada kita dan berkata macam-macam, sebaiknya kita tetap diam dan tenang. Dan momen ini adalah momen saatnya untuk berpikir, apakah benar tuduhan orang yang marah-marah tersebut? Apabila benar, maka bisa dijadikan bahan koreksi diri. Namun, jika tuduhan tersebut salah, segeralah meluruskan hal sepatutnya diluruskan.
Diam, tenang dan terkendali saat tidak mengerti? Bukan hanya di dalam pekerjaan atau tugas kita, namun dalam berproses di organisasi atau akademis pun demikian.
Jika seperti itu maka bisa dipastikan hari kita akan berakhir dengan indah dan senyuman menghiasi wajah cantik atau tampanmu itu kawan. Lakukanlah, mulai hari ini dan esok, sampai dunia tahu kau seorang yang hebat dalam berkawan!!

 “’Topan kekuasaannya berasal dari pusat tenang. Begitu pula manusia.” – Norman Vincent Peale




Komentar

Postingan Populer