"Enjoy Your Life Aja Dehh..." Part. 11



“Pejuang Ketidakpastian? Aahh Entahlah.. Oke Lupakan Saja”

“Jika satu hal kebaikan bagi kemanusiaan masih kurang, tidakkah yang kurang itu –
Kemanusiaan itu sendiri?”
Oleh Aris Rasyid Setiadi 



Sebuah naskah biasa tanpa makna berguna, namun menjadi cerita suka duka..

Bertanya bahagia atau hanya sekedar senyum malu bermakna?
Hari ini aku atau kamu seperti itukah?
"Coba tanyakan pada rumput yang bergoyang." kata sang musisi lengendaris
          
  Tak sebatas rindu yang sekedar menyapa dalam perkataan ‘hai’ atau sapaan ‘kak atau mas’ yang sangat kudambakan. Melebihi dari itu, bahwa senyummu itu bagaikan rindu tak tersabar, seolah ada hal yang ingin disampaikan. Namun saja masih tetap malu untuk di utarakan.
            Jauh sebelum itu akupun pernah merasakannya kawan. Sama seperti analogi atau permisalan lainnya. Mungkin salah satu contohnya malu-malu kucing istilahnya, dan aku terjebak jatuh dan sudut yang sama. Namun kini seolah syndrom itu pergi malu dan bosan untuk singgah dalam diriku. Dan bukanlah kau akan atau sudah mendapatkan itu nanti?
Pembelajaran hari ini adalah bagaimana kita mau dan mampu untuk bertanya, menanyakan sebuah sesuatu yang belum kita ketahui. Kesalahan yang sering dilakukan setiap orang adalah tidak bertanya ketika tidak mengerti akan sesuatu. Tidak ada kesalahan ketika orang bertanya tentang ketidaktahuannya akan sesuatu. Orang yang tidak bertanya ketika orang lain menjelaskan sesuatu yang diartikan bahwa ia mengerti atau tidak sama sekali. Jika tidak mengerti, namun malas bertanya tentu akan menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain.
Misalkan, aku atau kau adalah seorang mahasiswa yang diperintahkan dosen untuk membuat tugas observasi, namun kita belum pernah membuatnya, alangkah baiknya jika kita menanyakannya pada dosen atau pun menanyakan pada teman kita yang sudah berpengalaman.
Jika nekat membuatnya asal jadi, bisa jadi hasilnya tidak seperti yang diinginkan. Dan imbas dari hal tersebut adalah penilaian atas kemampuan kita akan menurun.
Bertanyalah saat tidak mengerti? Bukan hanya di dalam pekerjaan atau tugas kita, namun dalam berproses di organisasi atau akademis pun demikian.
Jika seperti itu maka bisa dipastikan hari-hari kita akan berakhir dengan indah dan senyuman menghiasi wajah cantik atau tampanmu itu kawan. Lakukanlah, mulai hari ini dan esok, sampai dunia tahu kau seorang pejuang ketidakpastian!!

 “’Yang penting adalah untuk tidak berhenti bertanya.” – Albert Einstein


Komentar

Postingan Populer