Kanal Progresif: Mengenal Ibu Kehidupan

"Definisi Kartini Masa Kini"
"Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh. Demikianlah pula dalam hidup manusia. Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbulah angan-angan lain, yang lebih sempurna, yang boleh menjadikannya buah." - R.A. Kartini

Oleh Aris Rasyid Setiadi

tagar.id

Terima kasih, Para Perempuan Rusia.
Karena telah membuat sejarah kemerdekaan kaum hawa..

Revolusi bersejarah dimulai ketika ingin mengusir kolonialisme dan ada keinginan untuk menjamin kesetaraan laki-laki dan perempuan. Mulai dari lapangan ekonomi, politik, sosial hingga di depan hukum kala itu dengan berbagai aturan dan penindasan.
Tahun 1910, di Konferensi Internasional Perempuan Sosialis di Kopenhagen, Denmark, Clara Zetkin, seorang sosialis, mengusulkan agar 8 Maret dijadikan sebagai Hari Perempuan Sedunia. Usulan itu diterima oleh ratusan perempuan delegasi dari 17 Negara.
Akhirnya, sejak 1911, perempuan di banyak Negara menggelar aksi memperingati Hari Perempuan Sedunia. IWD pertama digelar di Berlin (Jerman), Swiss, Austria, Denmark, Bulgaria dan Amerika Serikat. Jutaaan perempuan turun ke jalan di peringatan IWD pertama ini. Inilah revolusi abad 20 terbesar menurutku yang pernah ada, membenarkan yang memang seharusnya ada. Setelah itu mulai banyaklah gerakan revolusi-revolusi di berbagai belahan dunia.
Dalam konteks zaman now, pendapat hematku definisi kartini masa kini adalah bukan hanya sebatas bermain dalam isu gender saja namun bagaimana ketika kaum perempuan mampu berdikari, memulai berdialektika, berani bermain peran, dan mencoba sedikit berbeda daripada umumnya. Bukan perkara mudah memang namun sudah selayaknya untuk dimulai, karena dunia membutuhkan keseimbangan secara nurani.
Terlebih isu-isu feminis atau millenial yang selalu ada dan dibenturkan atas nama norma-budaya yang sesungguhnya cenderung negatif dalam berbagai bentuk. Kuncinya ialah harus pintar memilah-milah mana yang baik dan berkembang lalu santun berpikir dan berperilaku. Selebihnya menjaga diri adalah hal yang mulai langka ditemukan kini.

Selamat Hari Perempuan Wahai Kartini-Kartini Muda!!
Teruslah membawa perubahan!

Banjarnegara, 9 Maret 2020

Komentar

Postingan Populer