Kanal Progresif: Paradigma Berkemajuan

"Hakikat Pembelajaran"
Lebih dari sekadar satu disiplin keilmuan namun menyoal seni, seni bagaimana kita memahamkan pengetahuan
Oleh Aris Rasyid Setiadi


Kamis pagi ceritaku dimulai dengan mengurus administrasi undangan sebagai delegasi dari PC SEMMI Banjarnegara untuk Musda DPD KNPI Kabupaten Banjarnegara 29 Februari 2020 Sabtu ini. Bagusnya, aku mendapat banyak pembelajaran dimulai dari pentingnya kepekaan terhadap hal yang dianggap biasa, belajar up to date informasi pemerintahan, pentingnya etika forum, administrasi, relasi, komunikasi intens dan yang menarik bagiku adalah bagaimana ketika ketua terpilih menyampaikan visi-misinya untuk roda kepengurusan DPD KNPI Kab. Banjarnegara 2020-2023 esok. Ada satu hal yang sangat menarik di dalamnya yaitu bagaimana cara ketua terpilih menyampaikan visinya, bagaimana dengan menekankan betapa pentingnya komunikasi antara KNPI dengan OKP-OKP itu sendiri.

Dengan mudah tak simpulkan beliau menyampaikan seperti ini "bagikanlah harapan dan impian Anda. Lontarkan visi untuk masa depan bersama. dan ajaklah mereka bergabung dengan Anda di sepanjang perjalanan". 
dan 'duaarrr' sedikit tertampar kewarasan saya bahwa seolah-olah menyindir sekaligus mengajak betapa urgentnya dan apa yang menjadi permasalahan internal dan eskternal itu sendiri saat LPJ DPD KNPI periode sebelumnya dan menjadi permasalahan lini kehidupan manusia secara umum.

Di akhir forum aku bertanya kepada diri sendiri sembari tertawa, "haha bukankah itu hal biasa ris, hal yang tak perlu kau ceritakan?"
Kewarasanku tersenyum menjawab. "iya memang benar yang dikatakan. bahwa itu hal biasa yang kurang baiknya sudah menjadi budaya kita, namun lucu bukan? sebenarnya itu adalah kesalahan tanpa kesadaran bersama akan perubahan?!"

'Lebih dari sekadar satu disiplin keilmuan namun menyoal seni, seni bagaimana kita memahamkan pengetahuan.' kataku dan yang pasti aku bukan hanya pulang sekedar membawa draft tatib musda dan lpj saja namun membawa satu poin pembelajaran.

Komentar

Postingan Populer