"Enjoy Your Life Aja Dehh.." Part. 54

"Langit Abu-Abu"
“Jika satu hal kebaikan bagi kemanusiaan masih kurang, tidakkah yang kurang itu –
Kemanusiaan itu sendiri?”
Oleh Aris Rasyid Setiadi


Di suatu waktu dalam resepsi sahabat karib kecilku, terlihat anak kecil berumur 4 tahun dari satu pasangan muda yang nampak berbeda dari anak kecil lainnya, dia terlihat murung dan mencampakkan orang tuanya dengan wajah datar atau tanpa emosi.
Entah apa alasannya aku tak tahu pasti, namun yang pasti aku melihat dia begitu imut menggemaskan yang tersiksa akan kesendirian. Reflek aku tertawa kecil dan akhirnya terisak menangis perlahan. Seketika teringat masa kelam bahwa aku adalah anak kecil polos yang pernah berada dalam perasaan yang sama, sepi dalam kasih sayang, sepi dalam belaian, tak pernah mendengar ucapan sekaligus ciuman selamat malam. Semua hal-hal indah tadi sama sekali tak terjadi padaku dan mungkin anak kecil ini.
Ingin rasanya mengadopsi anak ini untuk memberikan hak kehidupan yang semestinya atau menampar kedua orang tuanya untuk memberikan peringatan, namun aku sadar ini bukan hal yang baik, justru akan mendapat permasalahan hidup berupa hidup di balik jeruji besi untuk beberapa tahun dan makan apa adanya bersama orang-orang kecil yang tersakiti secara moril. Entahlah. Dunia sudah aneh memang.
Jam sudah menunjukkan pukul 21.30, ada pesan whatsapp muncul di layar menyadarkan bahwa harus kembali ke sebuah rumah kecil di jantung kota untuk bertemu istri bersama bayi kami yang genap berusia dua setengah tahun tepat hari ini, mereka setia menunggu di ruang tidur seperti biasanya, ngomong-ngomong kami baru menikah 4 tahun lalu. Mungkin di waktu yang berbeda akan kuceritakan perjalanan rumitnya cinta kami.
Kukeluarkan tisu dari saku kiri untuk menghapus sisa-sisa air mata hasil kenangan abu-abu tadi dan untuk terakhir kalinya kuberanikan diri untuk kembali melihat anak kecil tadi, dan ternyata sudah tak ditempat semula. Mungkin sudah pergi atau di syurga bersama Tuhan yang lebih menyayanginya. Pikirku tersenyum ikhlas.

Komentar

Postingan Populer