"Enjoy Your Life Aja Dehh.." Part. 51

"Seni Kehilangan"
“Jika satu hal kebaikan bagi kemanusiaan masih kurang, tidakkah yang kurang itu –
Kemanusiaan itu sendiri?”
Oleh Aris Rasyid Setiadi


Sebuah naskah biasa tanpa makna berguna, namun menjadi cerita suka duka..

Menyoal hubungan antara seni dan pengetahuan kita semua sudah paham betul. Terutama dalam seni, dimana tujuannya ekspresi diri, yang memanfaatkan logika imaji orang lain dengan jalan “menjiwai“ pengalaman tersebut. Karya seni bersifat “remarkable” memiliki nilai subjektif yang luas, menghasilkan berbagai makna dan nilai yang dititipkan melalui media bahasa rupa, gerak, nyanyian, tulisan, musik dan lain-lain.
Seni merupakan ekspresi diri, yang menggunakan logika imagi citra (dalam seni rupa) sehingga produknya lebih menyentuh wilayah makna (konotatif), lain halnya dengan ilmu pengetahuan menggunakan logika konseptual, lebih bersifat verbal (denotatif), berpretensi mengungkap hal-hal eksternal mengungkap realitas di luar diri. Titik temu dengan pengetahuan adalah sama-sama bertujuan sama yakni mengagumi ciptaan Tuhan dengan corak dan aliran yang berbeda. 
Pada akhirnya suatu waktu ada waktu dimana manusia benar-benar akan kehilangan rasa kebenaran-estetisnya dan ketika waktu itu tiba, kita benar-benar akan merindukannya.

Jadi dimana seni kehilangannya? aah lupakan saja, karena aku rasa kau sering melakukannya. Atau akan kuceritakan esok hari? kini yang pasti tidurlah dulu jemput mimpi indahmu itu.

Komentar

Postingan Populer