Kebenaran 3 “Cinta adalah The Killer App”





Kebenaran 3 “Cinta adalah The Killer App

Ini penulis kutip dari buku “How to Be Successful by being Yourself” oleh David Taylor yang mana pada bab 3 atau bernama Kebenaran 3 “Cinta adalah The Killer Appyang menurut penulis merupakan materi atau isi yang sungguh mengetuk esensi hati dan pemikiran yang baru yang sebenarnya kita sadar selama ini namun sering dipertanyakan, dan tanpa basa-basi lagi dalam membuat pengantar ini langsung saja, semoga tidur nyenyak..
Ketika Anda benar-benar hidup, dengan cara yang digerakkan oleh diri (pikiran bawah sadar) Anda, Anda akan mengetahuinya. Jika Anda “tiba” pada tingkatan diri, Anda akan tahu, berperilaku dan hidup dengan harga diri yang sangat tinggi, citra diri yang baik dan kepantasan diri. Anda akan menjadi sahabat terbaik Anda, dan percaya bahwa Anda adalah “artikel yang sudah selesai”. Anda akan merasa utuh dan berlimpah. Anda akan memiliki begitu banyak untuk dibagikan sehingga Anda memberi dan melimpahkan cinta syarat (unconditional love) kepada siapa pun dan kepada setiap orang yang Anda jumpai.
Anda akan tahu bahwa kesuksesan orang lain bukanlah kegagalan Anda. Anda begitu tenang, damai dan percaya diri di kedalaman diri karena Anda tahu bahwa Anda memiliki segala sesuatu yang Anda bahagia. Anda hidup, bukan bersiap untuk hidup. Anda memberi cinta tanpa syarat bukan saja kepada orang lain tetapi juga, dan terutama, kepada diri Anda sendiri. Anda tidak pernah perlu menjadi “benar” dan tidak perlu bicara bicara tentang diri sendiri karena Anda sungguh-sungguh tahu bahwa itu bukan soal Anda; hal itu soal mereka.
                                                                        .........
“ANDA MENDAPATKAN CINTA TANPA SYARAT DENGAN MEMBERIKANNYA”
.........
Dan ketika Anda pergi tidur, dalam keadaan bahagia, semua cinta tanpa syarat itu kembali kepada Anda dan memenuhi hati Anda, seratus kali lipat.
Ketika Anda sekadar eksis, digerakkan oleh ego (pikiran sadar), Anda akan mengetahuinya, berperilaku dan hidup dengan harga diri yang rendah, memiliki citra diri serta kepantasan diri yang rendah. Anda akan menjadi musuh terbesar Anda dan percaya bahwa ada “sesuatu yang hilang” pada Anda. Anda akan merasa seakan-akan ada sebuah lubang di hati Anda dan Anda akan berusaha mengisinya dengan mengambil dari orang lain, yang Anda lakukan dengan merendahkan mereka, baik secara terang-terangan di hadapan mereka atau sembunyi-sembunyi di belakang mereka.
Anda percaya bahwa kegagalan orang lain adalah kesuksesan Anda, tetapi hal itu hanya sementara. Anda tidak yakin, bahkan mungkin kesal, kepada siapa pun dan semua orang yang Anda jumpai, termasuk dan terutama diri Anda sendiri. Anda perlu selalu “benar”. Anda membutuhkan peneguhan, kekaguman, serta penghormatan dari orang asing. Dan ketika Anda pergi tidur dalam kedaan lelah, ketakutan, stres, dan ketidakbahagiaan menghantui Anda dan menghabiskan sedikit kekuatan yang masih tersisa pada Anda.
Sikap Anda—pilihan Anda
Dalam istilah yang sangat sederhana, jika orang benar-benar mencintai dirinya sendiri,mereka tidak perlu menjadikan dirinya sebagai pusat dari segala sesuatu, karena mereka tahu bahwa mereka adalah pusat dari segala sesuatu.
Sebuah pohon tidak harus terus mengatakan kepada setiap orang bahwa dia adalah pohon—dia tahu bahwa dia adalah pohon.
Realitanya kita akan selalu menghadapi isu-isu, tantangan dan  kesulitan dalam hidup—kita semua memiliki hari-hari “buruk”dan hari-hari “baik”. Tulisan membaca ini berfungsi untuk memastikan bahwa Anda akan memiliki lebih banyak momen, menit, jam dan hari yang indah. Buku ini melengkapi Anda dengan kiat-kita yang praktis yang bisa langsung Anda terapkan untuk membantu Anda mengatasi, menghadapi dan bergerak maju dari setiap tantangan yang mungkin Anda hadapi. Buku ini akan memastikan bahwa sebagian besar hidup Anda dijalani sebagaimana yang telah diniatkan pada saat Anda dilahirkan—menghidupi hidup dan bukan sekadar siap untuk hidup.
Momen-momen Anda, perasaan, sikap, hidup, masa depan dan nasib Anda bukanlah soal peluang atau kebetulan. Mereka adalah soal pilihan, dan pilihan itu ada di tangan Anda. Selalu. Hal itu bukan soal Anda, dan ketika Anda menyadari itu, maka semuanya akan menjadi soal Anda karena ketika Anda berfokus pada membantu, mencintai dan berbaik hati kepada orang lain, Anda benar-benar menemukan diri Anda sendiri.
Jika Anda menusuk, menyalahkan sesorang atau menganggap orang lain bertanggung jawab untuk perasaan Anda, maka di momen-momen itu Anda menyerahkan hidup Anda kepada orang itu. Anda menyerahkan kepemilikan Anda atas pilihan-pilihan dan saat-saat berharga Anda. Seakan-akan orang itu lebih penting dalam memutuskan hidup Anda dibandingkan Anda sendiri.
Kerendahan hati, kedamaian dan cinta yang sejati untuk diri Anda sendiri adalah soal menunjukkan kerendahan hati, kedamaian, dan cinta sejatiuntuk orang lain. Kerendahan hati,  kedamaian, dan cinta yang sejati untuk diri Anda sendiri bisa terjadi ketika Anda melakukan semua itu untuk orang lain. Sangatlah penting untuk juga menyadari bahwa kerendahan hati yang palsu sama sekali bukanlah kerendahan hati. Banyak orang yang terus berceloteh  tentang kerendahan hatinya, meneriakkan betapa rendah hatinya mereka, sebenarnya mereka terlalu rendah hati sampai ke titik penghancuran diri.
Dan, sekali lagi, ada alasanya mengapa saya melebih-lebihkan soal itu—karena ketergesa-gesaan, stres, dan tantangan kehidupan modern menggerogoti kebahagiaan. Dan kita harus menolong semua orang dalam situasi ini, terlepas dari perbuatan mereka kepada kita.

......
“KETIKA ANDA BERFOKUS PADA MENOLONG,
MENCINTAI, DAN BERSIKAP BAIK  PADA ORANG LAIN,
ANDA BENAR-BENAR MENEMUKAN DIRI SENDIRI.”
.....
Saya selalu berpikir bahwa tempat terburuk untuk didatangi ketka Anda merasa sakit adalah tempat praktik dokter, di mana semua orang duduk berkeliling, saling menyebarkan dan menerima kuman. Untunglah bahwa sekarang ini banyak upaya kesehatan yang ditujukan pada pencegahan penyakit fisik dan mental, dan di sini saya bertujuan membuka pikiran Anda pada kemungkinan yang ada dalam diri kita, sekarang juga, bahwa kita memiliki kapasitas yang ada dalam diri kita, sekarang juga bahwa kita memiliki kapasitas untuk secara radikal meningkatkan kesejahteraan kita.
Ada banyak hal fisik yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan kita, misalnya bernapas dengan benar, relaksasi, dan meditasi. Semua itu baik. Namun, cara yang paling kuat hanyalah:
·                                 Menjadi sahabat terbaik bagi diri Anda.
·                     Mencintai diri Anda tanpa syarat.
·                    Mencintai segala sesuatu dari diri Anda—karunia, bakat, kepribadian dan “kekurangan” Anda.
               Mungkin sekarang ini muncul beberapa pikiran negatif ke dalam benak Anda:
·                               “Kedengarannya sangat sombong...”
·                               “Sangat kepala besar.”
·                              “Hal itu akan membuat saya egois.”
Meskipun begitu, saya bukan bicara tentang berteriak dari puncak atap: “Hei, lihatlah saya, saya fantastis!” Hal itulah yang kita lakukan jika dan ketika kita membutuhkan orang lain untuk memberitahu bahwa kita ini hebat. Saya juga bukan bicara tentang bersikap defensif ketika seseorang “menyerang” kita dengan sesuatu yang mereka katakan atau lakukan. Hal itulah yang kita lakukan jikadan ketika kita perlu membuktikan bahwa kita “benar” dan mereka “salah”.
Yang saya bicarakan adalah tentang sekadar mengakui kepada diri sendiri apa yang sudah kita tahu dan selalu kita tau: bahwa kita adalah unik, menakjubkan dan penuh keajaiban. Dan kita melakukan hal itu dengan menunjukkannya kepada orang lain, setiap hari; melalui tindakan kita dan melalui keberadaan diri kita.
Hal itu terjadi ketika Anda mencintai diri Anda sendiri, tanpa syarat, selalu.
Jika Anda bukan sahabat terbaik Anda, dan tidak mencintai diri Anda sendiri, tidak ada orang lain yang mencintai Anda, karena Anda tidak akan memperbolehkan mereka. Dan Anda tidak akan bisa mencintai orang lain atau mendahulukan orang lain. Karena Anda akan tidak yakin pada kepantasan Anda sendiri, Anda akan merasakan kebutuhan untuk terus mencuri dari orang lain. Ketika Anda mencintai diri Anda sendiri, Anda tidak memiliki kebutuhan untuk mencuri, karena Anda tahu bahwa Anda itu lebih dari cukup.

Komentar

Postingan Populer