Tutorial Agar Asyik di Mata Orang Lain

“Agar Asyik Di Mata Orang Lain”

Aris Rasyid Setiadi

Manusia adalah makhluk sosial, artinya dalam hidup mereka akan membutuhkan interaksi dan saling bergantung satu sama lain. Salah satu bentuk interaksi yang terjadi dalam kehidupan adalah hubungan interpersonal, yaitu sebuah hubungan yang terdiri atas dua orang atau lebih yang memiliki ketergantungan satu sama lain dan menggunakan pola interaksi yang konsisten selain itu hubungan interpersonal juga bukan hanya sekedar menyampaikan pesan akan tetapi terdapat sebuah kedekatan secara psikologis yang ada didalamnya. Hubungan interpersonal ini tidak hanya mengacu pada hubungan yang romantis, akan tetapi juga bisa dikaitkan dengan hubungan seseorang dengan teman, keluarga, rekan kerja, maupun kerabat. Hubungan interpersonal yang terjalin akan memberikan dampak yang akan dirasakan oleh pihak-pihak yang terlibat, pada umumnya alasan orang membentuk sebuah hubungan interpersonal adalah untuk mengurangi rasa kesepian, slaing bertukar pikiran, dan mendapatkan kebahagiaan. Setiap orang pasti pernah berusaha untuk membangun hubungan interpersonal, akan tetapi dari semua usaha untuk membangun hubungan interpersonal ada yang berjalan dengan baik maupun kurang berjalan dengan baik.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam memulai hubungan interpersonal yang baik dan sehat :

1. Jangan lupa senyum

Siapa sangka bahwa langkah kecil juga dapat mendatangkan sesuatu yang besar? Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal adalah dengan tersenyum. Jika kamu saja dapat memberikan seyuman pada orang yang kamu temui pertama kali atau bahkan pada orang yang tidak kamu kenal, tentu tidak akan sulit untuk memberikan senyuman pada rekan-rekan kerjamu.

Sebaliknya, jika kamu menunjukkan wajah yang kurang ramah tentu saja orang-orang di sekitarmu akan sungkan untuk dekat denganmu. Hal ini akan menghambat kamu dalam komunikasi interpersonal. Jangan biarkan masalah yang kamu alami menghilangkan senyumanmu di tempat kerja. Kamu mungkin bisa berbagi masalahmu dengan rekan kerjamu, tapi jangan biarkan mereka membaca masalah dari wajahmu.

2. Memahami apa yang orang lain sukai 

Untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, kita harus bisa mengetahui serta memahami apa yang diperbolehkan dan tidak diperkenankan. Begitu juga dalam membangun hubungan interpersonal, dengan mengetahui apa yang orang lain sukai dan apa yang mereka kurang sukai, maka kita bisa mencegah diri untuk melakukan hal tersebut agar ia merasa nyaman dan tidak terganggu.

3. Stay mendengarkan

Komunikasi memang hal yang tidak kamu kerjakan seorang diri, jadi tentu saja mendengarkan lawan bicaramu sangatlah penting untuk meningkatkan komunikasi interpersonal. Jangan pernah lupa untuk menanyakan pendapatnya dan biarkan ia ambil bagian juga dalam percakapan, meskipun mungkin kamu adalah orang yang lebih suka bicara sedangkan rekan kerjamu adalah orang yang pendiam. Kamu tetap harus selalu bersedia mendengarkannya seperti mereka mendengarkanmu.

Saat mendengarkan, kamu juga harus menjadi pendengar yang aktif. Mungkin sebagian orang bercerita hanya untuk didengar, bukan untuk mendapatkan sebuah saran, tapi bukan berarti kamu hanya diam dan mendengarkan. Anggukan kepala dan tanggapan-tanggapan singkat dapat menunjukkan bahwa kamu menyimak. Kamu juga boleh sesekali memberikan kesimpulan kecil dari yang telah ia ceritakan untuk menunjukkan bahwa kamu memang mengerti apa yang mereka ceriatakan.

4. Memberikan respon

Memberikan respon juga merupakan hal yang penting dalam komunikasi interpersonal. Hal tersebut menunjukan kalau anda memperhatikan pembicaraan. Respon yang anda berikan juga akan melanjutkan jalannya komunikasi, terjadi timbal balik dua arah antara anda dan lawan bicara. Seseorang juga akan merasa dimengerti saat anda menunjukan simpati kepadanya. Anda mungkin dapat memberikan saran atau motivasi.


Sumber : https://www.kompasiana.com/monicaolivia/581ad8470123bdc244059d26/membangun-hubungan-melalui-komunikasi-interpersonal

https://psikologi-metamorfosa.com/membangun-hubungan-interpersonal-yang-sehat/

https://glints.com/id/lowongan/meningkatkan-komunikasi-interpersonal-yang-profesional/

Komentar

Postingan Populer